Sekolah Kepenulisan 2020

Salah satu cara mengikat dan merangkai ilmu adalah dengan menulis, karena menulis merupakan tradisi mengikat ilmu dengan pena. Menulis sendiri merupakan bagian dari jurnalistik.

Secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang; sebagai proses, teknik, dan ilmu. Sebagai proses, jurnalistik adalah aktivitas mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan (jurnalis). Sebagai teknik, jurnalistik adalah keahlian (expertise) atau keterampilan (skill) menulis karya jurnalistik (berita, artikel, feature) termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan seperti peliputan peristiwa (reportase) dan wawancara. Sebagai ilmu, jurnalistik adalah bidang kajian mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa.

Saat ini kita sedang dilanda tsunami informasi. Di mana informasi bisa menyebar begitu cepat saat ini. Informasi-informasi tersebut perlu kemampuan analisa agar menjadi berita yang menarik, lalu dikembangkan menjadi opini. Jurnalistik merupakan ilmu terapan, yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Untuk itu perlu pelatihan yang intens untuk mendukung kualitas serta kuantitas menulis.

Oleh karena itu, Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Walisongo Semarang  mengadakan “Sekolah Kepenulisan” sehingga harapan dan tujuan yang ingin dicapai menjadi suatu kenyataan. Adanya program Seolah Kepenulisan merupakan salah satu usaha pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Walisongo Semarang dalam memfasilitasi dan menunjang minat menulis kader-kader PMII. Dengan Pelatihan ini diharapkan akan memunculkan kader-kader yang memiliki kemampuan menulis dan mengelola media massa secara handal untuk semakin mempercepat pencapaian tujuan organisasi atau pergerakan.

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran (File word/PDF) dan informasi selengkapnya klik : Download

Aji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ditengah Pandemi, PMII Rayon Syari'ah Sukses Gelar MAPABA Offline

Sen Nov 30 , 2020
Pmiiwalisongo.or.id – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Syari’ah Komisariat UIN Walisongo pada tanggal 27 November, menggelar MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru) yang merupakan proses pengkaderan formal tingkat pertama bagi mahasiswa baru yang ingin bergabung ke dalam PMII. Pada MAPABA kali ini tema yang diangkat adalah “Langkah Awal Membangun Jiwa […]